Agen Nasa sumbar

Agen Nasa sumbar
DISTRIBUTOR RESMI PRODUK NASA PT. NATURAL NUSANTARA, MEYEDIAKAN SEMUA JENIS PRODUK NASA AGROKOMPLEK, KESEHATAN, KECANTIKAN, PERAWATAN TUBUH, HOME CARE, INFORMASI PEMESANAN WA / CALL : 082388157595

CARA ATASI HAMA DAN PENYAKIT VANILI paling jitu

CARA TEPAT ATASI HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN VANILI

Hama dan penyakit vanili - Budidaya tanaman baik itu vanili atau tanaman jenis lainnya pasti tidak jauh dari namanya hama dan penyakit.

Akan tetapi jika Anda tepat cara mengatasinya maka anda akan di untungkan dengan sedikitnya serangan hama dan penyakit otomatis tanaman panili anda akan berbuah lebat dan banyak tanpa ada yang rusak.

Diartikel ini cara tepat atasi hama dan penyakit pada tanaman vanili berikut adalah cara pengendaliannya:

HAMA TANAMAN VANILI CARA MENGATASINYA

Bekicot
Menyerang dan merusak batang, bunga dan buah. Aktifitasnya dilakukan pada malam hari. Pengendalian: secara manual dengan mengambil dan mengumpulkan bekicot satu persatu kemudian dibakar sekaligus dalam satu lubang.Belalang pedang Merusak/memakan daun muda dan batang panili. Pengendalian: menyemprotkan PESTONA atau Natural BVR.

Penggerek batang Larva
hama ini merusak/menggerek batang tanaman panili yang menyebabkan tanaman panili lambat laun layu dan mati. Pengendalian penyemprotan PESTONA.Ulat bulu jambul dan ulat geni Merusak bagian pucuk, daun, batang dan bunga. Pengendalian: penyemprotan PESTONA.

PENYAKIT TANAMAN VANILI DAN CARA MENGATASINYA

Busuk akar Gejala
Akar hitam, tanaman menjadi kecoklat-coklatan dan akhirnya mati; biasanya terjadi pada saat produksi tertinggi pertama kali tercapai. Pengendalian: menjaga kesuburan tanah dengan pemupukan, pemberian kapur secukupnya, dan mengatur kelembaban, pencegahan diawal dengan Natural GLIO.

Busuk batang
Penyebab: jamur Fusarium batatatis.
Gejala: pada batang terjadi bercak-bercak berwarna hitam yang akan meluas dan melingkar dengan cepat. Batang terserang akan keriput, berwarna coklat dan akhirnya kering. Pengendalian: mengurangi kelembaban dan drainase yang baik, saat stek akan ditanam dicelup dalam POC NASA + Natural GLIO.

Busuk buah Ditemukan pada buah panili muda. Gejala: muncul bila menyerang pangkal buah muda sehingga banyak buah yang berguguran dan bila menyerang tengah buah akan hitam, kering selanjutnya mati.
Pengendalian: penyemprotan Natural GLIO + gula pasir dosis 1-2 sendok teh per 10 liter air.

Busuk pangkal batang Penyebab: Jamur Sclerotium sp.
Gejala: pangkal batang tampak berwarna coklat dan kebasah-basahan, bagian tanaman yang diserang dan tanah sekitar terdapat misellium jamur berwarna putih seperti bulu dengan banyak sclerotium warna coklat.
Pengendalian: gunakan bibit bebas busuk pangkal batang, penyemprotan Natural GLIO + gula pasir.

Bercak coklat pada buah Penyebab: oleh cendawan Phytophthora sp. dan menyerang buah panili yang hampir masak.
Gejala: bercak-bercak coklat tua dan akhirnya busuk.
Pengendalian: (1) segera petik buah terserang kemudian membakarnya; (2) penyemprotan dengan Natural GLIO dosis 1-2 sendok/10 liter air.

Bercak coklat pada batang
Penyebab: cendawan Nectria vanilla, zimm. Gejala: batang tampak bercak coklat yang lama-kelamaan menghitam dan melingkar ruas dan mati. Pengendalian: potong dan bakar batang yang terserang.

Antraknosa Penyebab: jamur Calospora vanillae, Mass.
Gejala: batang, daun, buah berwarna coklat muda kekuningan tampak licin dan terlihat jelas bagian terserang dan tidak. Pengendalian: Potong dan bakar bagian terserang, atur kelembaban dan drainase.

Karat merah
Penyebab: Ganggang Cephaleuros heningsii, Schm. Gejala: bercak pada daun dan terus meluas hingga daun kering selanjutnya mati.
Pengendalian: Singkirkan bagian terserang dan atur kelembaban kebun dengan pemangkasan pohon pelindung.

Penyakit pascapanen
Penyebab penyakit yang menyerang panili setelah dipanen : jamur Aspergillus, Penicillium, Rhizopus, sp dan Sclerotium, sp.
Pengendalian: penanganan pasca panen yang baik.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA ATASI HAMA DAN PENYAKIT VANILI paling jitu"

Post a Comment