Agen Nasa sumbar

Agen Nasa sumbar
DISTRIBUTOR RESMI PRODUK NASA PT. NATURAL NUSANTARA, MEYEDIAKAN SEMUA JENIS PRODUK NASA AGROKOMPLEK, KESEHATAN, KECANTIKAN, PERAWATAN TUBUH, HOME CARE, INFORMASI PEMESANAN WA / CALL : 082388157595

CARA ATASI GUGUR DAUN KARET

CARA ATASI GUGUR DAUN TANAMAN KARET

Gugur daun tanaman karet merupakan salah satu penyebabnya adalah jamur patogen O.heveae, Penyakit yang  bisa menyerang tanaman karet pada masa pembibitan, tanaman karet menghasilkan TM maupun tanaman karet TBM.

Penyakit sangat penting di antaranya adalah penyakit jamur akar putih (JAP), kering alur sadap, penyakit gugur daun Corynospora, Colletotrichum, dan Oidium. Penyakit penting di antaranya adalah jamur akar merah, Mouldy rot, nekrosis kulit, dan jamur upas. Penyakit agak penting adalah gugur daun Helminthosphorium dan Phytopthora, kanker bercak dan kanker lump. sedangkan penyakit tidak penting adalah gugur daun Guignardia, Fusicoccum, Cylindrocladium, penyakit akar coklat, penyakit akar hitam, dan Botridiplodia sp.

Penyakit gugur daun Oidium merupakan penyakit utama pada tanaman karet, penyakit ini disebut juga penyakit embun tepung, menyebabkan kerugian di perkebunan karet baik tanaman belum menghasilkan (TBM) maupun tanaman telah menghasilkan (TM). Selain tanaman belum dan telah menghasilkan, jamur ini juga menyerang tanaman di persemaian, pembibitan, dan kebun entres. Serangan berat terjadi bila keadaan cuaca kering diselang-selingi oleh hujan yang singkat di malam hari atau kabut  dipagi hari pada waktu tanaman membentuk daun muda (awal musim hujan). Patogen penyebab penyakit ini adalah  jamur Oidium heveae.

Patogen  O. heveae terutama menyerang daun-daun muda yang berwarna coklat. Daun yang terserang terlihat berwarna hitam, lemas mengeriput, dan berlendir. Di bawah permukaan daun terdapat bercak putih seperti tepung halus yang terdiri dari atas benang hifa dan  spora jamur (Gambar 1). Massa tepung jamur tersebut dapat juga menutupi permukaan atas daun. Pada serangan lanjut bagian ujung daun mati, daun melengkung dan akhirnya  gugur sehingga  tinggal tangkainya saja dan tangkai ini akhirnya  gugur juga. Di permukaan tanah dari tanaman yang terserang banyak dijumpai helaian daun yang jatuh


Cara Atasi Penyakit Gugur Daun Pada Tanaman Karet dengan Produk NASA adalah sebagai berikut :
Bisa gunakan pupuk organik NASA supernasa + hormonik + Natural glio dengan cara aplikasi nya klik disini.

Pengendalian Hama gugur daun tanaman karet

Menanam klon yang resisten.
Tanaman yang terserang ringan sebaiknya diberi pupuk nitrogen dua kali dosis anjuran pada saat daun-daun mulai terbentuk.
Pupuk dibenamkan ke dalam tanah agar mudah diserap oleh akar.
Tanaman yang terserang berat dikendalikan dengan fungisida yang direkomendasikan, pada saat mulai terbentuk daun dengan interval 1 minggu sampai daun berwarna hijau (umur dau 21 hari).

Nah demikian cara atasi gugur daun tanaman karet semoga bermanfaat bagi anda, jika bermanfaat share ya!!.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "CARA ATASI GUGUR DAUN KARET"

Post a Comment